SNMPTN

Jadwal Seleksi Perguruan Tinggi Negeri

redaksi | Kamis, 25 Januari 2018 - 14:04:50 WIB | dibaca: 207 pembaca

 

 

 

 

 

 

1. SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan TInggi Negeri)

SNMPTN ini hanya diperuntukkan bagi siswa dan siswi SMA/dan atau sederajat yang tengah duduk dibangku akhir sekolah yaitu kelas XII. Jalur tersebut memberi kesempatan untuk memilih total tiga program studi di dua Perguruan Tinggi Negeri berbeda (terdapat 85 perguruan tinggi negeri yang dapat dipilih oleh siswa).

Proses seleksi calon mahasiswanya menggunakan nilai yang tertera dalam laporan hasil belajar, sertifikat atau piagam prestasi, indeks sekolah, dan banyak pertimbangan lainnya. Selain itu, jalur ini juga bebas biaya pendaftaran, lho.

Jadwal SNMPTN 2018 dimulai dari 13 Januari – 10 Februari 2018 untuk melakukan pendaftaran dan pengisisan PDSS oleh sekolah dan dilanjutkan dengan pendaftaran oleh siswa pada 21 Februari – 6 Maret 2018. Sedangkan hasil seleksinya akan diumumkan pada 17 April 2018.

Biar lebih update informasinya, rajin-rajin kunjungi laman www.snmptn.ac.id ya.

2. PMDK-PN (Penelusuruan Minat dan Kemampuan-Politeknik Negeri)

PMDK-PN menerapkan pola seleksi nasional berdasarkan penjaringan prestasi akademik dengan menggunakan nilai rapor dan prestasi-prestasi lainnya. Pendaftar hanya ditujukan bagi siswa/i tahun akhir di SMA/dan atau sederajat serta diperkenankan memilih 3 program studi untuk 2 dari 42 politeknik yang ditawarkan. Selain itu, jalur ini tidak mengenakan biaya pendaftaran.

Jadwal penyebaran dan request undangan adalah 15 Januari - 14 April 2018, lalu pengisian data oleh sekolah pada 15 Januari - 14 April 2018, kemudian pengisian data oleh siswa pada 15 Januari - 14 April 2018, dan selanjutnya pengiriman berkas maksimal 1 minggu setelah finalisasi (Cap Pos). Sedangkan pengumuman hasil seleksinya adalah 9 Mei 2018.

Info lengkapnya dapat menyambangi laman pmdk.politeknik.or.id

3. SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri)

 

SBMPTN menggunakan capaian skor yang diraih oleh pendaftar melalui ujian tulis dan/atau ujian keterampilan (untuk jurusan seni dan olahraga). Pendaftar untuk jalur ini dibuka untuk lulusan tahun dimana SBMPTN tersebut dilangsungkan hingga dua angkatan sebelumnya, serta diperbolehkan memilih tiga program studi di dua perguruan tinggi negeri.

Materi ujian tulisnya yaitu Tes Kemampuan dan Potensi Akademik (TKPA) yang terdiri atas Matematika Dasar, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, TPA Verbal, TPA Numerikal, dan TPA Figural. Kemudian Tes Kemampuan Dasar berdasarkan pilihan rumpun keilmuan yang dipilih oleh pendaftar. Misalnya untuk Sains dan Teknologi (Saintek) terdiri atas Matematika IPA, Biologi, Kimia, dan Fisika. Sedangkan untuk Sosial dan Humaniora (Soshum) adalah Sosiologi, Sejarah, Geografi, dan Ekonomi.

Biaya seleksi yang ditanggung oleh peserta adalah sebesar Rp 200.000,00 dengan jadwal pendaftaran online dimulai dari 5 April 2018 hingga 27 April 2018. Kemudian ujian tulisnya dilaksanakan pada 8 Mei 2017 serta pengumuman hasilnya pada 3 Juli 2018.

Akses saja laman resminya di sbmptn.ac.id untuk keterangan selanjutnya, ya.

4. UMPN (Ujian Masuk Politeknik Negeri)

UMPN merupakan pola penerimaan mahasiswa baru Politeknik Negeri di seluruh Indonesia melalui ujian tulis. Jalur ini dapat diikuti oleh siswa dan siswi SMA/dan atau sederajat yang tengah duduk di bangku akhir ataupun tamatan sebelumnya sesuai batas tahun kelulusan yang dipersyaratkan oleh Politeknik bersangkutan.

Nah, pendaftaran untuk jalur ini adalah pada situs resmi dari setiap Politeknik Negeri sesuai dengan jadwal yang ditetapkan oleh masing-masing politeknik tersebut. Namun lazimnya dilangsungkan setelah pengumuman hasil Ujian Nasional atau dengan kata lain pada kisaran Mei hingga Juni. Materi ujian maupun biaya pendaftarannya juga didasarkan pada kebijakan masing-masing politeknik.

Kunjungi saja laman resmi dari politeknik impianmu tersebut secara berkala, ya.

5. Seleksi Mandiri PTN

Seleksi Mandiri PTN diserahkan kepada masing-masing perguruan tinggi bersangkutan dengan kuota maksimum adalah 30% dari total calon mahasiswa yang diterima pada angkatan tersebut. Sebab untuk SNMPTN dan SBMPTN memang diwajibkan minimal mengambil masing-masing 30% dari total calon mahasiswa keseluruhan.

Jadwal pendaftaran, besaran biaya pendaftaran dan mekanisme seleksinya juga tergantung pada ketetapan di institusi tersebut. Ada yang menggunakan ujian tulis dan ada pula yang menggunakan nilai rapor dan Ujian Nasional (UN) bahkan skor pada SBMPTN. Bahkan juga ada yang menawarkan jalur khusus seperti Jalur Prestasi ataupun Jalur Dual Degree (Gelar Ganda). Namun pastinya jalur ini dilaksanakan setelah ujian tulis SBMPTN, kok. Pantau terus laman resmi universitas incaranmu itu, ya.

 

 

 

 





Komentar Via Website : 0


Nama

Email

Komentar



Masukkan kode diatas)